Wednesday, December 28, 2016

Cara membuat nomor halaman untuk proposal dan skripsi

Penulis: Abu rizal fauzi
Editor: Fauzinews_team
Rabu, 28 Desember 2016
Ketika membuat skripsi, thesis, laporan ataupun dokumen lainnya kadang kita ingin membuat halaman pertama berbeda dengan halaman kedua dan seterusnya. Nomor halaman pertama berada di tengah-tengah di bagian bawah sedangkan halaman kedua dan berikutnya alias seterusnya berada di bagian kanan atas. Dengan menggunakanmicrosoft word 2007, untuk membuat halaman pertama memiliki nomor halaman berbeda dengan halaman kedua dan seterusnya anda dapat mengikuti langkah berikut.

  1. Aktifkan / menuju halaman pertama dokumen anda.
  2. Selanjutnya sisipkan nomor halaman pada bagian bawah tengah halaman. Caranya klik menu ribbon insert, lalu pilih page number. Dari daftar pilihan yang ada lalu pilih bottom of page. Setelah itu pilih plain number 2, untuk menyisipkan nomor halaman di bagian bawah tengah. Pada bagian bawah halaman akan muncul angka 1 dengan latar-abu-abu. Ketikkan atau tambahkan nomor bab jika itu memang diperlukan.
  3. Pastikan bahwa halaman pertama akan berbeda dengan halaman berikutnya dengan cara berikan tanda check (jika belum ada) pada Opsi Different First Pageyang ada pada ribbon Design yang ada di menu Header & Footer Tools .
  4. Gambar: cara menyisipkan nomor halaman pertama berbeda dengan halaman kedua di Microsoft Word
  5. Selanjutnya jika kursor anda masih berada pada area footer halaman pertama, pindahkan ke kursor teks ke header halaman kedua. Caranya scroll dokumen anda sedikit ke bawah lalu klik di sembarang tempat pada area header halaman ke dua.
  6. Setelah berada di header halaman kedua, lakukan kembali penyisipan nomor halaman di bagian kanan atas. Caranya klik menu ribbon insert, lalu pilih page number, kemudian pilih top of page kemudian klik plain number 3.
  7. Halaman kedua anda sekarang telah memiliki nomor halaman. Jika anda ingin memasang nomor bab pada halaman tersebut ketikkan saja nomor bab yang anda inginkan sehingga misalkan menjadi bentuk “III –2 “, “IV-2“ dan sebagainya.
  8. Klik ganda(Double click) pada area isi dokumen atau klik tombol “Close Header and footer” untuk keluar dari mode pengeditan header dan footer.

No comments:

Post a Comment