Sunday, December 25, 2016

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat blog

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat blog

Berapa sih biaya untuk membuat blog? mungkin ini yang ada dibenak anda, ketika anda browsing dari mesin pencari google dan menemukan sebuah blog dengan alamat berawalan www dan berakhiran .com dan terbesit keinginan untuk membuat sebuah blog. mungkin anda juga sudah tau bahwa dalam membuat blog juga ada yang gratis yaitu blogspot/blogger, wordpress dan yang lainnya tapi bagaimana dengan blog yang memiliki domain .com yang terlihat keren bagi anda, sedangkan untuk blog gratisan hanya tinggal mendaftarkan akun email anda dan tinggal mengelola blog yang sudah anda miliki.
Jika anda suka menulis bagi saya rugi jika tidak memiliki sebuah blog, blog kan juga ada yang gratisan, jika ingin membuat blog saya sarankan menggunakan platform blogger, kenapa? blog berplatform blogger bisa diubah menjadi .com atau .net yang mereka menyebutnya dengan istilah Costum Domain, sedangkan harga untuk domain .com sekarang sudah mencapai harga 110ribu berikut gambar dari daftar harga domain per 2015.
harga domain
jika menggunakan blogger, blog bisa di costum domain (searching di google banyak tutorial tetang costum domain) dengan begitu jika anda membeli domain .com denga harga 115ribu pertahun maka tidak perlu tambahan biaya lagi untuk biaya hosting, jadi biaya pertahun anda hanya 115ribu untuk domain .com
berbeda dengan jika anda menggunakan wp self host seperti punya saya ini, banyak hal yang perlu diperhatikan terutama dalam pembelian hosting terlalu banyak pertimbangan dan cukup ruwet dalam memilih hosting yang pas buat blog begitu juga dengan dompet saya. jika saja salah memilih provider hosting yang nyatanya abal-abal, habislah blog saya. maksudnya dari segi kecepatan blog, keamanan, kenyamanan panel dan banyak hal lainnya. saya sendiri membeli domain web.id dengan harga 55ribu pertahun dan hosting saya memilih paket yang pro 75ribu itupun per 3 bulan bukan pertahun, coba anda kalkulasikan pertahunnya dapat biaya berapa. cukup murah untuk orang berdasi tapi bukan untuk saya hehe.
Jadi, jika anda ingin membuat blog, cobalah terlebih dahulu dengan menggunakan platform blogger, jika sudah paham dan cukup mengrti dengan fitur-fitur blogger baru melakukan costum domain pada blog anda. bagaimana keputusan anda ? jangan lupa tinggalkan komentar.
Info :0822-8540-1208

No comments:

Post a Comment